Rabu, 11 Juli 2018

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Gusi bengkak atau gingivitis yaitu suatu kondisi dimana terjadi inflamasi atau peradangan yang bersumber dari bakteri-bakteri yang bersarang diarea rongga mulut. Siapapun tentu tidak pernah menginginkan mengalami gusi bengkak. Saat gusi mengalami peradangan, tentu akan sangat menyiksa bahkan kadang terasa berdenyut hingga ke ubun-ubun. Gusi bengkak biasa ditandai dengan munculnya warna merah pada gusi, gusi mengeluarkan darah pada saat menggosok gigi, bau mulut kurang sedap.

Cara Mengobati Gusi Bengkak, sumber : festivaloflightsfilm.com
Umumnya penyebab dari gusi bengkak dikarenakan seseorang tersebut kurang menjaga kebersihan pada mulut, terlalu sering makan makanan yang manis, terjadinya peradangan di dalam gusi / gigi, tubuh kekurangan asupan vitamin C, atau penggunaan behel gigi yang kurang benar. Adapun cara yang dapat kita lakukan jika terserang gusi bengkak antara lain :

1. Berkumur air garam
Cara pertama untuk mengobati gusi bengkak yang irit biaya dan mudah untuk didapat adalah dengan garam. Cara untuk menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan sekitar 1 sendok makan garam kedalam air hangat. Aduk rata garam hingga larut, terakhir lakukan kumur-kumur. Jangan lupa untuk mengulangi cara ini secara rutin yaitu 3 kali sehari agar gusi dapat cepat pulih.

2. Berkumur jeruk nipis 
Jeruk nipis dikenal dengan beragam manfaat, termasuk manfaat untuk mengatasi gusi bengkak. Cara penggunaan yaitu dengan memeras air dari jeruk nipis yang telah matang dan dicampurkan kedalam satu gelas air hangat. Aduk hingga merata dan kumurkan air tersebut. Lakukan cara ini pada saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Baca : jual crystal x

3. Minyak Cengkeh
Cara yang ketiga untuk mengobati gusi bengkak adalah menggunakan minyak cengkeh. Anda cukup mengoleskan minyak cengkeh pada permukaan gusi yang bengkak. Lakukan cara ini menggunakan minyak cengkeh asli 2 kali sehari hingga gusi kembali membaik.

4. Madu
Selain memiliki rasa yang manis, ternyata madu juga dapat meredakan gusi yang bengkak. Di dalam madu terdapat kandungan yang dapat meredakan pembengkakan. Caranya sama seperti penggunaan minyak cengkeh, yaitu dengan mengoleskan pada bagian gusi yang bengkak. Hanya saja penggunaan madu untuk obat gusi bengkak dilakukan minimal sebanyak 3 kali sehari.

5. Lemon
Selain jeruk nipis, lemon juga dapat kita gunakan sebagai solusi alternatif mengatasi gusi yang bengkak. Caranya dengan mencampurkan air hasil perasan 1/4 lemon kedalam 1/2 gelas air putih hangat. Lakukan kumur-kumur dengan air tersebut sebanyak 2 kali sehari.

6. Konsumsi buah dengan vitamin C
Bila saat ini anda sedang menjalani program diet, maka anda dapat mengubah sedikit menu diet anda ditambah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C seperti buah jeruk.

7. Menggunakan baking soda
Menggunakan baking soda bertujuan untuk mengurangi rasa sakit pada gusi dan mencegah penyebaran bakteri kembali pada mulut. Cara menggunakan dengan berkumur beberapa kali dalam satu hari.

8. Kulit Andong
Cara terakhir pada pembahasan kali ini adalah dengan menggunakan kulit andong. Mungkin beberapa diantara kalian masih asing dengan nama tumbuhan ini. Cara menggunakannya adalah dengan mencuci kulit andong hingga bersih, kemudian kunyahlah kulit andong dengan dicampur sedikit garam, setelah itu tempelkan pada gusi yang bengkak.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon