Rabu, 06 September 2017

12 Manfaat Air Putih yang Wajib Kamu Ketahui

Menjaga jumlah cairan agar tetap terpenuhi merupakan suatu hal yang penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Cairan pada tubuh memiliki peran untuk menormalkan suhu tubuh, menjaga kesehatan persendian, dan mengeluarkan racun dalam tubuh saat sedang berkeringat atau buang air.

Tubuh manusia 70% nya terdiri dari air, maka tak heran bila kekurangan cairan bisa menimbulkan risiko berbahaya bagi tubuh. Air yang kita konsumsi memiliki banyak fungsi, seperti untuk membantu melancarkan dan mempercepat pencernaan, menjaga aliran darah, dan masih banyak lagi.

Bila tubuh mengalami kekurangan cairan, maka akan menimbulkan beberapa dampak berjangka pendek hingga jangka panjang. Mulai dari tubuh menjadi lemas, kurang konsentrasi, mudah lelah, tidak bersemangat, hingga dapat menimbulkan beberapa jenis penyakit kronis lainnya.

Manfaat Air Putih
Manfaat Air Putih - ibsrv.net

Berapa jumlah air putih yang kita butuhkan setiap harinya?
Agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, kamu dianjurkan untuk minum air putih minimal 8 hingga 10 gelas sehari atau sebanyak 1,5 liter. Akan tetapi, menurut jurnal dari sebuah Institut di Amerika Serikat, tubuh orang dewasa membutuhkan air lebih dari 1,5 liter. Untuk wanita dewasa minimal mengkonsumsi air putih sebanyak 2,6 liter, sedangkan untuk pria membutuhkan 3,7 liter setiap harinya.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kamu tidak hanya bisa memperolehnya dari air putih. Namun juga bisa didapatkan dari beragam jenis buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kandungan air, seperti buah semangka.

Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Membersihkan racun dalam tubuh
Saat malam hari, tubuh akan bekerja untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Minum air putih di saat perut kosong di pagi hari ternyata memiliki efek yang baik bagi kesehatan, karena dapat membantu melakukan detoks dan memperbaiki sel-sel otot. 

Mencegah naiknya berat badan
JIka kamu mengkonsumsi air putih di saat perut dalam keadaan kosong, maka racun dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan baik. Hal ini juga bermanfaat salah satunya yaitu untuk membuat perut menjadi tidak sering merasa lapar dan akan membuat berat badan kamu menjadi stabil.

Mencegah batu ginjal 
Salah satu cara agar dapat terhindar dari penyakit batu ginjal dan infeksi kandung kemih yaitu dengan minum air putih di pagi hari. Air putih bisa membantu menekan kadar asam dan melindungi diri dari racun yang menjadi penyebab munculnya batu ginjal dan infeksi kandung kemih.

Menjaga kesehatan ginjal
Manfaat minum air yang cukup salah satunya yaitu untuk membantu mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan atau racun berbahaya dalam tubuh, salah satunya yaitu nitrogen urea dalam darah. Agar racun tersebut dapat dikeluarkan, maka ginjal perlu memproses zat tersebut dan kemudian dikeluarkan melalui urin. 

Bila cairan tubuh terpenuhi, maka urin dapat dikeluarkan dengan lancar. Namun, bila tubuh mengalami dehidrasi, maka cairan urin akan menjadi berwarna pekat, berbau, dan membuat ginjal bekerja lebih keras. Lebih parahnya lagi, apabila ini terus berulang, maka akan berisiko menimbulkan batu ginjal.

Menjaga kalori tubuh
Minum air putih yang cukup, bisa membantu kamu dalam mengendali kadar kalori dalam tubuh. Maka tak heran apabila orang yang sedang menjalani program diet, lebih sering minum air putih.

Pernyataan ini semakin diperkuat dengan adanya pernyataan seorang ahli dari University State of Pennsylvania yang mengatakan bahwa salah satu cara agar diet dapat berhasil, yaitu dengan mengganti minuman berkalori dengan buah dan sayuran yang mengandung banyak air.

Melancarkan buang air dan menyehatkan usus
Minum air putih yang cukup bisa membantu melancarkan buang air besar kamu dan mencegah terjadinya sembelit. Bila tubuh kekurangan cairan, maka feses akan lebih sulit dikeluarkan dan bisa menyebabkan rasa sakit.

Memaksimalkan kerja otot
Kurang minum bisa berdampak pada melemahnya kerja otot tubuh kita. Hal ini disebabkan karena otot tidak memiliki cairan dan elektrolit yang cukup sehingga membuat otot merasa lebih cepat lelah dari biasanya.

Jika kamu akan melakukan aktivitas berat atau berolahraga, maka tubuh juga akan membutuhkan cairan yang lebih. Sebelum melakukan olahraga, usahakan untuk mengkonsumsi setidaknya setengah liter air 2 jam sebelum berolahraga.

Membuat kulit menjadi lebih sehat
Di dalam kulit kita, membutuhkan banyak air untuk dapat menjaga kulit tetap mulus dan sehat. Apabila tubuh kekurangan cairan, maka bisa mempengaruhi kesehatan kulit menjadi lebih kusam dan tampak kering.

Meningkatkan imun tubuh
Minum air putih pada perut kosong membantu menyeimbangkan sistem limfatik yang menyebabkan peningkatan tingkat imunitas. Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan membuat Anda aman dari berbagai penyakit dan mencegah Anda jatuh sakit.

Menyuburkan rambut
Tahukah kamu bahwa seperempat dari satu helai rambut terbentuk dari kandungan air. Jika tubuh mengalami dehidrasi, maka rambut akan kekurangan nutrisi dan menyebabkan rambut menyebabkan rambut menjadi tidak sehat.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh kamu untuk mencegah terjadinya penipisan dan rambut yang rapuh. Minumlah air putih secara rutin setiap pagi saat perut dalam keadaan kosong untuk meningkatkan kesuburan rambut.

Meningkatkan metabolisme tubuh
Saat sedang melakukan diet, mengkonsumsi air putih yang cukup, bisa membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh hingga 25%. Selain itu, pencernaan kamu akan menjadi lebih baik dan membuat nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi dapat lebih cepat dicerna. 

Mencegah asam lambung
Salah satu penyebab terjadinya gangguan pencernaan yaitu karena kandungan asam di perut mengalami peningkatan. Tentu saja ini akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Sebagai solusinya, kamu bisa minum air putih yang cukup, dengan tujuan untuk menekan kadar asam agar tidak mengalami peningkatan.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon