Minggu, 10 September 2017

14 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Tampil cantik dan terlihat sempurna, mulai dari ujung rambut hingga ke ujung kaki merupakan cita-cita semua wanita. Namun terkadang, ada saja permasalahan yang muncul dan dapat mengganggu penampilan kamu, salah satunya yaitu permasalahan bibir pecah-pecah.

Memiliki bibir pecah-pecah, tentu akan membuat kepercayaan diri menjadi berkurang. Kulit bibir diketahui tidak memiliki pigmen melanin yang berfungsi untuk menjaga dan melindungi kulit, seperti halnya pada bagian kulit yang lain.

Selain itu, kulit bibir juga tidak terdapat adanya kelenjar yang berfungsi secara alami dalam menjaga kelembaban bibir agar tidak mudah kering. Hal inilah yang menjadikan mengapa bibir lebih rentan mengalami permasalahan seperti bibir pecah-pecah, kerusakan akibat sinar UV dan perubahan suhu, serta kerusakan akibat kondisi tertentu lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah atau pun untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Akan tetapi, agar proses tersebut dapat berjalan lebih mudah, ada baiknya kamu untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja yang dapat menjadi penyebab dan gejala yang ditimbulkan bibir pecah-pecah.

Cara Mengatasi Bibir Kering
Cara Mengatasi Bibir Kering - darklipstips.com

Penyebab dan Gejala Bibir Pecah-Pecah

Tanpa adanya kelenjar minyak seperti pada bagian kulit lainnya yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit, menjadi penyebab mengapa bibir menjadi lebih cepat kering dan rentan mengalami pecah-pecah. Terlebih saat sedang dalam musim kemarau dengan kelembaban udara yang tipis. Dan tentu saja kondisi bibir akan semakin memburuk, apabila kamu tidak melakukan perawatan apapun pada bibir dengan benar.

Menghindari kebiasaan menjilati bibir merupakan salah satu cara agar bibir tidak mudah kering. Kebiasaan menjilat bibir mungkin dianggap mampu membuat bibir menjadi kembali lembab. Akan tetapi, ternyata kebiasaan tersebut justru menjadi salah satu penyebab bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Ada beberapa gejala umum yang biasa muncul saat bibir mengalami masalah, antara lain : bibir kering, bengkak, munculnya luka, kulit bibir mengelupas, sisik pada bibir, dan terkadang bibir mengeluarkan darah.

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Ketika terjadi Bibir pecah-pecah, bisa kita lihat pada celah-celah terlihat merah dan menyakitkan bahkan jika parah bisa sampai berdarah. Oleh karena itu, inilah cara sederhana untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Selain dapat mengganggu penampilan, bibir kering dan pecah-pecah akan membuat rasa tidak nyaman karena rasa perih yang ditimbulkan. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Karena pada artikel ini, penulis akan memberikan beberapa cara yang cukup ampuh untuk mengatasinya.

Lip Balm
Kebanyakan dari kamu, pasti sudah tidak asing lagi dengan lip balm. Hingga saat ini, sudah banyak lip balm yang beredar di pasaran dengan beragam merk. Salah satu manfaat lip balm yang paling popular yaitu dapat membuat bibir tetap lembab, mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah.

Madu
Sejak zaman dahulu, madu sudah dipercaya untuk mengatasi beragam masalah penyakit karena kaya akan kandungan bermanfaat. Salah satunya yaitu dapat mengatasi permasalahan pada bibir. Oleskan madu beberapa kali dalam sehari secara rutin agar bibir dapat kembali mulus dan memiliki warna merah natural.

Hindari kebiasaan menjilati bibir
Saat bibir terasa kering, mungkin kebanyakan orang akan langsung reflek menjilati bibirnya karena sudah terbiasa. Padahal, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kebiasaan menjilat bibir merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan bibir mudah kering. Air liur akan lebih cepat menguap dan membuat bibir menjadi lebih kering dari sebelumnya.

Konsumsi air putih yang cukup
Tubuh kita 60% nya terdiri dari air, maka tak heran apabila para dokter sering menekankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Bila tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, maka akan ditandai dengan dengan beberapa gejala seperti warna urin menjadi pekat dan bibir mengering.

Maka dari itu, penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih minimal sebanyak 8 gelas sehari. Bila cairan terpenuhi, maka racun dalam tubuh akan lebih mudah untuk dikeluarkan melalui keringan, urin, dan lain-lain.

Cukupi asupan nutrisi
Bibir kering dan pecah-pecah juga bisa disebabkan karena kekurangan nutrisi. Penuhi kebutuhan vitamin B, zat besi, dan asam lemak esensial dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Bila kamu akan mengkonsumsi dari sumber seperti suplemen, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu ke dokter langganan kamu.

Jauhi kebiasaan menggigit bibir
Tidak hanya menjilati bibir, menggigit bibir juga dapat menyebabkan bibir lebih mudah kering. Sesaat setelah menggigit bibir, mungkin bibir akan terlihat menjadi lebih merah. Akan tetapi, hal tersebut akan berpotensi merusak lapisan pada pelindung bibir dan menyebabkan bibir menjadi cepat kering dan pecah-pecah.

Hindari bernapas melalui mulut
Jika kamu termasuk orang yang sering bernapas menggunakan mulut, maka hindarilah mulai saat ini. Bernapas menggunakan mulut dapat menyebabkan bibir lebih cepat kering dan menjadi pecah-pecah.

Hindari Alergen
Bibir kering dan pecah-pecah salah satunya dapat disebabkan karena adanya alergi tertentu. Hindari penggunaan alergen atau zat yang bisa memicu terjadinya alergi, seperti produk kosmetik tertentu, dan lain-lain.

Cara Mengobati Bibir Kering dan Pecah-Pecah Dengan Bahan Alami

Selain 8 cara di atas, untuk dapat mengatasi bibir kering dan pecah, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami yang bisa dengan mudah kamu temukan dan tidak memiliki efek samping.

Madu dan petroleum jelly
Perlu kamu ketahui bahwa di dalam madu terdapat suatu kandungan bermanfaat, yaitu anti-bakteri. Kandungan ini berfungsi sebagai penyembuhan alami. Vaseline (Petroleum Jelly) juga diketahui memiliki beragam manfaat untuk kulit, seperti menghaluskan, membuat kulit lebih sehat, dan menjaga kelembaban kulit.

Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan kedua bahan ini untuk dapat memperoleh bibir yang sehat. Kandungan madu dapat membuat bibir menjadi lebih lembut, sedangkan kandungan coating Vaseline dapat melembabkan kulit bibir.

Berikut cara menggunakannya :
  • Oleskan madu secara merata pada permukaan bibir
  • Timpa madu dengan menggunakan petroleum jelly dan ratakan.
  • Diamkan sekitar 10 hingga 15 menit.
  • Bersihkan bibir menggunakan kain lembut hingga bersih
  • Ulangi proses ini hingga mendapatkan hasil yang diinginkan

Timun
Sayuran dingin ini menjadi makanan yang menyegarkan selama musim panas. Tidak hanya menyegarkan tenggorokan, mentimun juga berkhasiat dalam menobati bibir kering dan pecah-pecah. Mentimun juga memiliki sifat pencerah kulit sehingga mencerahkan bibir dengan mengurangi bercak-bercak hitam pada bibir.

Tidak hanya segar untuk dikonsumsi secara langsung, akan tetapi timun juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kebanyakan orang sudah mengenal buah ini sebagai media pengobatan hipertensi, menghilangkan mata panda, dan lain-lain. Namun, apakah kamu tahu bahwa timun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan bibir?

Timun bermanfaat untuk membuat bibir menjadi lembab dan tidak mudah kering. Selain itu, kandungan dalam timun juga bermanfaat untuk mengembalikan warna alami bibir dan membuatnya lebih cerah.

Cara menggunakannya :
  • Potong timun dengan ukuran tipis hingga sedang
  • Gosokkan timun secara lembut dan merata pada permukaan bibir
  • Biarkan 15 hingga 20 menit agar cairan timun dapat bekerja
  • Cuci bibir hingga bersih menggunakan air biasa
  • Lakukan cara ini rutin dalam seminggu agar memperoleh bibir yang sehat

Gula pasir, minyak zaitun, dan madu
Menggosok bibir dengan scrub bertujuan untuk mengelupas sel-sel kulit yang mati. Setelah terkelupas, maka warna alami bibir terlihat dan diganti dengan sel-sel kulit baru yang sehat. Kita bisa menggunakan scrub gula untuk tujuan ini.

Cara selanjutnya untuk mengatasi bibir kering yaitu dengan menggunakan scrub bibir. Penggunaan scrub akan mengangkat kulit mati dengan cara membuat kulit bibir mengelupas dan menggantikannya dengan sel-sel baru. Cara ini akan membuat bibir menjadi lebih cerah dan lebih sehat.

Cara menggunakan scrub bibir :
  • Aduk minyak zaitun dan 2 sendok gula pasir hingga tercampur secara merata
  • Tambahkan setengah sendok madu ke dalam campuran sebelumnya dan aduk rata
  • Diamkan campuran tersebut terlebih dahulu sekitar 5 menit
  • Oleskan secara merata pada bibir dan berikan pijatan lembut
  • Terakhir, cuci bibir menggunakan air hangat hingga bersih

Lemon, minyak jarak dan madu
Lemon dan madu bisa menjadi cara alternatif yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Kandungan madu dapat membantu dan menjaga bibir dari efek radikal bebas, sedangkan lemon dapat membuat warna bibir yang hitam menjadi cerah kembali.

Cara menggunakannya :
  • Aduk 1 sendok cairan lemon, madu, dan setengah sendok minyak jarak secara merata
  • Oleskan pada bibir secara merata
  • Gunakan cara ini dengan rutin selama satu minggu untuk mendapat hasil yang maksimal

Lidah buaya
Jika sebelumnya aloe vera atau lidah buaya lebih dikenal sebagai bahan penyubur rambut, kini lidah buaya juga dipercaya dapat membantu dalam mengatasi bibir kering dan pecah. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu cukup oleskan lendir atau cairan lidah buaya pada bibir dengan rata. Diamkan selama beberapa menit dan bilas hingga bersih.

Minyak zaitun
Bahan alami terakhir yang bisa kamu gunakan yaitu minyak zaitun. Oleskan minyak zaitun secara merata setiap hari hingga mendapat bibir kembali sehat. Kandungan asam lemak dalam minyak zaitun diketahui dapat membuat bibir menjadi lebih lembut dan dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon